Mastering



Mastering itu apasih ? banyak pertanyaan tentang itu , katanya sampe ada sekolah kusus mastering lagu segala , pentingkah ? mastering adalah proses akhir saat pembuatan musik , baik musik digital maupun analog seperti band .

kenapa harus dimastering  ? 
Kamu membutuhkan kualitas suara yang jauh lebih baik , mastering adalah kewajiban apa lagi kamu mau menjual karya kamu di toko musik online .


Perbedaan antara Mixing dan Mastering ?
Ketika kita sedang membuat musik , kamu akan menggunakan banyak instrumen dan berbagai karakter alat musik , biar hasilnya seimbang kita akan melakukan kontrol pada berbagai instrumen yang kita buat , itu namanya mixing
Beda waktu kamu mixing, pada saat mastering kamu hanya menggunakan 1 stereo file . Bukan file mentah lagi , setelah mixing kamu export menjadi 1 file WAV maka file itu lah yang kamu pakai untuk mastering

Nah untuk pembuatan musik digital, kamu sudah semakin mudah melakukan mastering , karena banyak ni Plugin yang bermunculan , seperti Izotope , Tyrack , Dynamic II dan masi banyak lagi , dan buat dapetin itu kamu bisa googling langsung , sudah banyak yang gratisan juga ko , kalo kamu tidak memiliki akses internet , kamu bisa pakai Maximus untuk melakukan sesi mastering (Seadanya) dengan bantuan Parameter EQ dan EQUO .

apapun yang kamu gunakan untuk mastering semua sama , ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada saat mixing .

Balancing disini kamu harus menyeimbangkan multitrack yang ada pada lagu mu yang sudah kamu ubah jadi 1 file WAV,  misalnya ada gitar yang terlalu kencang suaranya , kamu tidak bisa mengubahnya saat mastering , jadi silahkan kembali ke multitrack pada proses mixing lagunya.

Tuning, kalau kamu mendengan suara melodi kamu terdengar jelek atau vokal mu fales, kamu tidak bisa melakukang pengeditan di proses mastering dengan masalah ini , kamu harus kembali ke proses mixing .

Bersambung.......


 Click here

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

See me on Facebook

Followers

Recent Comments