Pengenalan tools dasar Fl Studio



Ini adalah tampilan pertama saat kamu masuk ke FL Studio , 
Kamu akan bertemu beberapa tool disini , aku coba kenalkan dengan gambar yang aku buatkan diatas.


1. Pattern , Berisi komponen basic seperti (Kick , Clap , Hat , Snare) 
ditunjukan dengan nomor 1.
2. Toolbar , Terletak pada bagian atas , berisi komponen yang 
berfungsi mengatur komponen basic terdiri dari :
Transport panel, Output Monitor panel, CPU panel,
Shorcut panel, Extra shorcut panel, Recording panel,
Time panel , Online panel, Hint bar Ditunjukan dengan Nomor 2.
3. Playlist Ditunjukan dengan nomor 3.
4. Browser Ditunjukan dengan nomor 4.

Berikut penjelasnnya.

Pattern itu bisa kamu gunakan untuk membuat instrumen seperti drum , perkusi , atau yang lainnya .
Toolbar diatas ada banyak :

Trasport panel berfungsi untuk Play , stop dan record ketika pattern yang sudah kamu isi dengan instrumen sudah selesai kamu buat .

Output monitor panel berfungsi sebagai monitoring , di output monitor panel kamu bisa melihat soundwave dari instrumen yang kamu buat .

 CPU panel berfungsi memantau performa komputer kamu ketika sedang membuat instrumen atau lagu.

Shorcut panel berfungsi menghubungkan kamu dengan cepat ketika kamu mau membuka pattern , mixer dan pianoroll (yang ini akan aku jelaskan lagi di artikel berikutnya)

Extra shorcut panel ini hampir sama sama yang sebelumnya cuma ini membantu kamu untuk melakukan undo , save dan sejenisnya .

Recording panel berfugsi mengkontrol rekaman suara ketika kamu mau merekam instrumen yang kamu buat kamu bisa menuju ke Recording panel.

Time panel, Kamu bisa melihat durasi instrumen yang kamu buat di Time panel .

Playlist , aku biasa menggunakan Playlist untuk melakukan penggabungan dari instrumen  yang sudah aku buat di pattern sebelumnya .

Browser aku pakai ketika aku mau mencari sample suara yang ingin aku masukan kedalam pattern.






0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

See me on Facebook

Followers

Recent Comments